Minuman Tidak Baik Disajikan Dalam Kondisi Panas

minum panasSelaluBaruNet – Minuman dengan suhu yang panas sangat cocok untuk dinikmati pada saat cuaca dingin. Tapi tidak semua minuman itu baik disajikan dalam kondisi yang masih panas. Karena beberapa dari kandungan gizi dari minuman tersebutakan hilang bila diseduh dalam suhu yang tinggi.

Cara menyajikan minuman yang benar adalah dengan air yang sudah dalam keadaan hangat, dingin ataupun normal. Menurut dokter Samuel Oetoro, seorang pakar spesialis gizi mengatakan bahwa minuman yang diseduh dengan dalam suhu yang lumayan tinggi akan mengakibatkan rusaknya zat gizi tertentu dalam minuman tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis minuman yang akan kehilangan zat gizinya bila disajikan dalam kondisi panas.

  1. Susu
    Susu memang dikenal memiliki banyak sekali protein yang terkandung didalamnya, akan tetapi kandungan – kandungan protein itu bisa rusak apabila diseduh dengan air yang memiliki suhu tinggi. Pakar spesialis gizi menyatakan bahwa pada kondisi suhu diatas 80 Celsius protein – protein dalam susu tersebut akan mengalami fase denaturasi. Karena itu, akan lebih tepat bila susu diseduh dengan air yang sudah hangat.
  2. Teh Hijau
    Pada the hijau memiliki kandungan yang bernama epigallocatechin gallate yang merupakan sebuah zat antioksidan. Zat antioksidan tersebut akan rusak bisa rusak bila diseduh dengan air dengan temperature yang masih tinggi. Umumnya banyak masyarakat menyeduh teh dengan air yang masih dalam kondisi mendidih. Padahal penyajian teh yang tepat adalah dengan menyeduh the dalam air yang memiliki temperature tidak lebih dari 70 celcius. Menurut spesialis gizi, kandungan antioksidan dalam teh dapat didapatkan bila 3 gram teh hijau disajikan dalam satu cangkir. Sementara untuk teh celup, hindari untuk mencelupkan teh celup tersebut lebih dari 3 kali karena untuk menghindari terjadinya kontaminasi kantong teh celup tersebut.
    Agar kandungan zat antioksidan dalam the dapat tetap terjaga dan tidak rusak maka harus menghindari menyimpan teh hijau lebih dari jangka waktu 6 bulan. Biasakan meminum tiga sampai lima cangkir teh dalam satu hari agar mendapatkan khasiat dari teh hijau tersebut.
  3. Jeruk
    jeruk merupakan salah datu sumber vitamin C. Pada dasarnya kandungan Vitamin C dalam jeruk tersebut tidak tahan pada temperature yang tinggi. Ini merupakan alasan kenapa minuman yang berasal dari jeruk tidak baik bila diseduh dalam kondisi air dengan suhu yang tinggi. Untuk mendapatkan manfaat dari minuman jeruk ini, sebaiknya disajika dalam kondisi ruang agar kandungan vitamin C-nya tidak rusak.

 

Sumber:sehatpangkalkaya.com