Mitos Menyesatkan Tentang Kopi

kopiSelaluBaruNet – Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan di Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 Sm). Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Berikut beberapa mitos menyesatkan tentang kopi:

Kopi memicu stres

Hal ini tentu saja tidak benar. Malah, kopi merupakan stimulan alami yang bisa membuat tubuh lebih berenergi. Mitos ini muncul karena kopi menahan produksi adenosine, yang bertanggung jawab mereduksi stres.

Kopi sebabkan insomnia

Stimulasi energi yang dipicu kafein dalam kopi dianggap sebagai faktor yang memicu insomnia. Padahal kafein hanya bertahan sebentar dalam tubuh. Setelah dikonsumsi, kafein langsung diproduksi dalam hati dan kemudian dibuang dari tubuh hanya dalam waktu 5 jam. Jadi, jika Anda hanya mengonsumsi kopi sebanyak 2-3 gelas sehari, tidak mungkin Anda menderita insomnia.

Kanker terjadi karena kopi

Mitos yang banyak beredar di masyarakat menyebutkan bahwa minum kopi secara reguler bisa menyebabkan kanker. Dari situ, banyak penelitian dilakukan untuk menemukan korelasi antara kopi dan kanker, dan hasilnya? Tidak ada.

Beberapa penelitian menemukan bahwa mereka yang minum kopi secara teratur punya resiko rendah terkena kanker karena kopi mengandung antioksidan yang bisa membantu melawan kanker.

Kopi tak punya manfaat kesehatan

Sebaliknya, kopi mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Kopi juga diketahui bisa memperlambat penuaan dan membuat penampilan lebih muda. Penelitian juga menyebutkan kopi bisa membantu melawan kanker.

Konsumsi kopi secara reguler bisa membantu meningkatkan level konsentrasi dan membuat kerja otak lebih efisien. Di sisi lain, penelitian juga menyebutkan bahwa kopi bisa mengatasi depresi pada kaum hawa.

Kafein itu adiktif

Kefein tidak menyebabkan adiksi. Setiap hari minum dua hingga empat gelas kopi tidak akan membuat kecanduan layaknya alkohol atau narkoba.

Kopi sebabkan keguguran

Tidak ada korelasi antara kopi dan keguguran. Selain itu, minum kopi setiap hari juga tidak menyebabkan jumlah sel telur berkurang.

Kopi picu osteoporosis

Mitos ini salah karena osteoporosis disebabkan oleh kurangnya kalsium dan vitamin D dalam tubuh. Faktor lain yang juga bisa menyebabkan osteoporosis adalah kurangnya olahraga, rokok, serta rendahnya kadar estrogen.