Nenek 102 Tahun dengan Kaki Terkecil di Dunia

kakiSelaluBaruNet – Tradisi mengikat kaki di Cina sudah berlangsung sejak abad ke 10. Hal ini dilakukan supaya terlihat cantik meskipun merupakan hal yang menyakitkan, seperti yang dilakukan oleh  Han Qioni nenek berusia lebih dari satu abad ini.

Saat ini, Han telah menginjak usia 102 tahun. Waktu masih usia dua tahun, ibunya telah melilitkan kain panjang di jari-jari kakinya. Selama berhari-hari bahkan bulan, kain panjang terus melilit kaki Han.

Semakin membungkuknya jari kaki ke tumit, penampilan kaki dianggap sempurna, seperti yang ditulis Daily Mail. Ritual menyakitkan ini tak hanya dialami oleh Han saja, tapi juga jutaan wanita di China, pada masanya.

Menurutnya, dibutuhkan waktu 6 bulan untuk belajar berjalan dengan baik dan tanpa rasa sakit. Ia juga menambahkan, kecilnya ukuran kaki juga dipandang sebagai simbol status. Di samping itu, ini adalah cara wanita untuk mendapatkan uang atau pasangan yang lebih mapan.

Bentuk kaki Han saat ini seperti bulan sabit yang melengkung ke dalam. Selain menjadi wanita tertua, Han juga menjadi pemilik kaki terkecil di China.