Neymar Jadi Finalis Ballon d’Or, Barca Bayar Santos Rp 29,1 Miliar

Neymar.jpg okSelaluBaruNet – bukan hanya Neymar gembira karena jadi salah satu finalis Ballon d’Or tapi antan klubnya, Santos, turut gembira atas terpilihnya Neymar sebagai salah satu finalis Ballon d’Or 2015. Pasalnya, Santos akan menerima tambahan dana sebesar £1.4 juta atau Rp 29,1 miliar dari Barca.

Hal ini telah diatur dalam kontrak kepindahan Neymar ke Barcelona 2013 lalu. Salah satu pasal dalam kontrak yang berbelit-belit itu menyebutkan bahwa Barcelona harus membayar lebih seandainya pemain tim nasional Brasil tersebut naik podium sebagai Pemain Terbaik FIFA.

Dalam klausul kontrak disebutkan pembayaran akan dilakukan 1 kali saja. Artinya, ini merupakan kali pertama dan terakhir bagi Santos menerima tambahan dana dari Barca atas terpilihnya Neymar.

Neymar mulai bergabung dengan Barcelona pada 2013 lalu. Saat memperkenalkan Neymar ke publik Camp Nou, Wakil Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu, menyebutkan nilai transfer Neymar mencapai 57,1 juta euro plus 190 juta euro untuk menebus kontrak Neymar bersama Santos. Sejak memperkuat Barca, ini merupakan kali pertama Neymar menembus 3 posisi teratas nominasi Ballon d’Or. Pada musim pertamanya, Neymar hanya mampu finis di posisi ketujuh.