Pantangan Dan Anjuran Bagi Penderita Asam Urat

asam uratSelaluBaruNet – Penyebab asam urat adalah akibat dari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat berlebih, maka ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang. Berikut pantangan dan ajuran bagi penderita:

Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat :

  • Makanan laut seperti udang, kepiting, remis, dan tiram, cumi-cumi.
  • Minuman yang mengandung alkohol seperti tape, bir, tuak pahit, dll.
  • Makanan kaleng seperti sarden, kornet sapi, dll.
  • Jeroan seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal, dll.
  • Beberapa jenis buah-buahan seperti durian, alpokat, air kelapa muda, emping melinjo, dll
  • Kaldu daging.
  • Jangan minum aspirin (bila membutuhkan obat pengurang sakit, pilih jenis ibuprofen dan lainnya)

Anjuran Makanan Untuk Penderita Asam Urat :

Perbanyak minum air putih– terutama bagi penderita yang mengidap batu ginjal– untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh.

  • Makan makanan yang mengandung potasium tinggi seperti : Sayuran dan buah-buahan, Kentang, Susu dan yogurt, Pisang.
  • Makan buah-buahan kaya vitamin C, terutama jeruk dan strawberry
  • Aktif secara seksual (Berita bagus! Seks ternyata memperlancar produksi urin sehingga menurunkan kadar asam urat).
  • Konsumsi salah satu produk alami yang dapat menyembuhkan asam urat seperti sidaguri, habbatussauda, brotowali, teh hijau, dll.
  • Penyakit asam urat adalah jenis artritis yang sangat menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian, akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Sendi-sendi yang diserang terutama adalah jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan dan siku. Selain nyeri, penyakit asam urat juga dapat membuat persendian membengkak, meradang, panas dan kaku.
  • Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan. Penyakit asam urat kebanyakan diderita oleh pria di atas 40 tahun dan wanita yang telah menopause.

Pengelompokan Bahan Makanan Menurut Kadar Purin Bagi Penderita asam Urat

  • Golongan Makanan yang mengandung purin tinggi (100 – 1000 mg/100 gram bahan makanan) :Jerohan ( Hati, Ginjal, Otak , Jantung, Paru, Usus, dll ), Golongan Ikan Laut ( Udang,
    tongkol, sarden, tengiri, kerang, kepiting, lobster, cumi cumi, remis,dll ), Ekstrak Daging (
    abon, dendeng ), Ragi/ tape, Makanan kalengan dan makanan yang mengandung alkohol.

    Catatan :  SEBAIKNYA DIHINDARI
    . Golongan makanan yang mengandung purin sedang 9 – 100 mg/100 gram bahan makanan) :Daging sapi, ikan, ayam, udang, tahu, tempe, asparagus, toge, daun dan biji melinjo, kacang kacangan, kol, bayam, kangkung, , daun singkong, daun pepaya,dll.Catatan :  DI BATASI

    Golongan makanan yang mengandung purin rendah :
    Nasi, Ubi, singkong, jagung, telur, buah buahan, waluh, selada, buncis, selada air, bit, wortel, jamur, dan sawi hijau.

    Tips Bagi Penderita Asam urat

Sebaiknya dalam 3 bulan pertama, hindari sayuran hijau, hindari minyak goreng (sebaiknya makan makanan kukus2an), perbanyak minum air putih, olah raga minimal 20 menit perhari. Itu semua dilakukan untuk membuang penumpukan kristal urat dalam tubuh, setelah itu semua dilakukan, silahkan bulan berikutnya dicoba sayur-sayuran hijau.