Pantangan Makanan Berkalori Tinggi Bagi Orang Gemuk

burgerSelaluBaruNet – Bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan sebaiknya menghindari makanan berkalori tinggi untuk mencegah bertambahnya berat badan. Sedangkan bagi anda yang ingin menambah berat badan ,sebaiknya mengkonsumsi makanan tinggi kalori agar pertambahan berat badannya lebih cepat dan efektif. ┬áBerikut ini adalah Makanan Tinggi Kalori

1. Keripik & Kerupuk
Tahukah Anda? Menurut sebuah penelitian ternyata 15 keping kripik kentang saja mengandung kalori sebesar 160 yang akibatnya adalah akan menambahkan berat badan 0,7 kg dalam empat tahun. Padahal 15 potong keripik pasti tidak cukup untuk Anda, apalagi bagi yang gemar nge-mil. Ini artinya lebih besar dibandingkan makanan manis dan dessert yang menyebabkan penambahan 0,4 kg.

2. Minuman Bersoda
Biasanya minuman ini banyak digemari karena efek kesegaran dan menghilangkan haus nya. Padahal, hampir semua jenis minuman bersoda tak mempunyai kandungan nutrisi, yang ada hanyalah kandungan pemanis buatan yang tinggi dan sodium yang berbahaya bagi kesehatan.

3. Mie Instan Telur Yang Dicampur Nasi
Maksudnya adalah Anda memakan mie instan yang dicampur dengan telur dan dimakan bersama nasi pula. Perlu Anda ketahui, meski telur memiliki kandungan gizi yang sangat kompleks, namun bila dimakan bersama mie instan maka kalori yang dihasilkan pun cukup tinggi, yakni sekitar 600 – 650 Kkal.

4. French Fries
Makan burger atau ayam goreng tepung plus kentang goreng yang dicocol sambal botolan rasanya jadi paduan yang sempurna. Padahal, tanpa kentang goreng, kita sudah tahu bahwa burger (dengan mayonesnya) dan ayam goreng tepung sudah menyimpan kalori yang tinggi. Apalagi jika ditambah kentang goreng dan sambal botolnya. Kentang goreng biasanya digoreng dengan minyak banyak dan dengan proses deep frying yang meningkatkan kalori dan kandungan lemaknya. Jika ingin sekali makanan cepat saji, lebih baik pilih kentang panggang (baked potatoes).

5. Kue-kue dan Pai
Pai maupun keraknya (pie crust) mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Jika Anda membeli pai, sebaiknya tak usah memakan bagian keraknya. Namun jika Anda biasa membuat pai atau kue-kue lain yang dipanggang sendiri, Anda bisa mengurangi kandungan lemak dan kalorinya. Misalnya, dengan mengurangi jumlah mentega, margarin, gula, dari yang dituliskan dalam resep. Kemudian gunakan keju rendah lemak dan susu rendah lemak untuk menggantikan susu full cream. Tambahkan juga bahan-bahan lain yang mengandung serat, atau buah-buahan alami untuk menambah rasa manis dan segar.

6. Buah Kalengan
Buah-buahan kalengan seperti peach, nanas, leci, atau apel, biasanya dikemas dalam sirup yang tinggi kadar gulanya. Jauh lebih baik bila Anda memilih buah-buahan segar. Kalau malas memotong buah, beli saja di tukang rujak. Namun, nikmati tanpa tambahan sambal gula merahnya.

7. Gorengan yang Dilapisi Tepung
Selain gorengan tahu, tempe, atau ubi yang biasa dijual oleh tukang gorengan di pinggir jalan, hindari juga daging yang dilapisi tepung roti, seperti roti ayam dan udang goreng. Mengapa? Karena tepung menyerap lebih banyak minyak daripada daging, sehingga Anda mungkin mendapatkan lebih banyak lemak dalam makanan tanpa disadari. Beralihlah dari menu ayam goreng ke ayam panggang, daging panggang, atau rebus sebagai gantinya.