Allah Selalu Turut Bekerja Untuk Mendatangkan Kebaikan Bagi Kita

loveSelaluBaruNet – Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah (Roma 8:28)

Kita ada di tempat ini bukan kebetulan, bukan karena  nyasar dan akhirnya sampai di sini tapi percaya bahwa kita adalah orang-orang yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. kita menjadi kristen bukan secara kebetulan dan menerima Kristus sebagai Juruselamat juga bukan secara kebetulan, tapi dari dalam kandungan ibu bahkan masih berbentuk embriopun Tuhan sudah memanggil bahkan sudah punya rencana yang hebat buat kita. Bahkan secara pribadi saya tahu persis hidup saya.

Saya ada di muka bumi ini, lahir di tengah-tengah keluarga saya bukan karena kehendak manusia tapi sunguh-sungguh direncanakan oleh Tuhan. Saya katakan demikian karena saya secara manusia seharusnya gagal lahir artinya mama saya gagal menggugurkan kandungannya sehingga saya bisa lahir ke dunia ini dengan selamat. Semua ini terjadi karena Tuhan sudah punya rencana untuk memanggil saya sebagai hambanya dan tidak ada yang bisa menggagalkan rencana-Nya dalam hidup saya.  Ketika Tuhan sudah memanggil kita masuk dalam rencana-Nya maka kita percaya bahwa rencana-Nya itu tidak pernah gagal. Sehingga Ayub berkata dalam Ayub 42:2, “Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.

Dalam kehidupan ini kita memilki cerita dan kehidupan yang berbeda sama lain tapi kita semua adalah orang-orang yang sudah dipilih dan dipanggil sesuai dengan rencana-Nya. Sehingga dalam kondisi apapun setan juga tahu bahwa kita akan dipakai oleh Tuhan dengan cara-cara yang luar biasa itu sebabnya setan juga merancangkan hal-hal yang buruk dalam hidup kita. Ingat Tuhan tidak pernah merancangkan hal yang buruk dalam hidup kita, baik itu sakit penyakit atau kecelakaan dan lainsebagainya, tapi apabila Tuhan mengijinkan itu dan iblis melakukannya, ingat bahwa Tuhan tetap punya rencana dibalik itu semua.

Ingat bahwa Allah selalu turut bekerja dalam hidup kita. Setan tidak pernah berhenti membuat umat Tuhan supaya semakin hari semakin membenci bahkan kepahitan kepada Tuhan. Apapun yang direncanakan setan dalam hidup kita, jika kita ada dalam rencana Tuhan maka Tuhan sanggup mengubah setiap rencana buruk setan menjadi rencana yang baik bagi kita.

Beberapa anak Tuhan ketika yang mengalami masalah langsung berkata ini adalah kesialan yang kita alami, bahkan ketika alami kerugian mereka berkata, Tuhan mana janji-Mu,  ketika berhadapan dengan orang-orang yang suka menekan mereka marah dan kecewa bahkan sepertinya tidak mengerti mengapa mengalami hal demikian. Tapi satu hal yang perlu kita tahu bahwa dibalik  semua itu  ada satu rencana Tuhan disana, Tuhan turut bekerja bagi kita sehingga apa yang dibilang sial dan dianggap musibah Tuhan bisa membalikan semuanya menjadi  berkat dan sukacita dalam  hidup kita.

Ingat bahwa didalam hidup  ini ada Tuhan yang bekerja bukan Tuhan yang tidur. Kata turut bekerja mempunyai arti bersinergi. Jika manusia bersinergi dengan manusia pasti ada kekuatan yang besar apalagi jika kita bersinergi dengan Tuhan yang menjadi sumber segala sesuatu maka akan menghasilkan kekuatan yang luar biasa bahkan melampaui akal manusia. Seperti Simson yang bisa mengalahkan seribu orang Filistin hanya dengan rahang keledai, ini bisa terjadi karena Simson bersinergi dengan Tuhan.

Mazmur  66:3, Katakanlah kepada Allah: “Betapa dahsyatnya segala pekerjaan-Mu; oleh sebab kekuatan-Mu yang besar musuh-Mu tunduk menjilat kepada-Mu. Daud berani berkata bahwa Tuhan adalah kekuatanya  karena dia sendiri melihat dan mengalami pertolongan Tuhan dalam hidupnya. Bahkan dalam masa-masa kesesakanpun Daud tetap berpegang pada Allah yang adalah Gunung Batunya sehingga dia bisa menanggung segala masalah yang dialaminya dan akhirnya menjadi pemenang, menjadi orang yang luar biasa di hadapan Tuhan. Apapun ditangan seseorang yang bersinergi dengan Tuhan maka itu akan menjadi senjata yang luar biasa. Orang dunia boleh meremehkan status kita hanya karena tidak punya titel, tidak punya kedudukan, pengalaman  dan sebagainya  tapi jika kita bersinergi dengan Tuhan maka apapun yang lemah dan kurang dalam diri kita Tuhan akan buat menjadi  kekuatan yang dahsyat.

Jika Tuhan tahu kita mampu maka tidak ada Firman Tuhan yang berkata, “Aku menyertai kamu sampai kesudahan alam ini.” Jika kita diciptakan dengan kekuatan yang sama seperti Tuhan maka tidak ada Firman Tuhan yang berkata, “Aku akan mencurahkan Rohku ke  atas kamu ” tapi justru Tuhan berkata Aku akan mencurahkan Rohku keatas kamu, Aku akan menyertai dan tinggal dalam kamu, bahkan Aku akan turut bekerja dalam kamu makanya kamu tidak perlu takut, maju saja karena buka kamu yang bekerja tapi Aku yang bekerja dalam kamu. Kita akan dipakai Tuhan jika menyerahkan seluruh hidup kita dalam tangan Tuhan. Ingat bahwa Tuhan tidak akan bekerja secara penuh dalam hidup kita jika masih mencintai diri kita lebih daripada Tuhan, egonya masih bekerja.

Tapi ketika kita mematikan ego kita dan mencintai Tuhan lebih dari apapun dan membiarkan Tuhan bekerja seratus persen untuk berkarya dalam diri kita maka Ia akan mengubah segala sesuatu dalam diri kita. Dari orang yang tidak bisa apa-apa menjadi orang yang punya power yang luar biasa. dari orang  yang  tidak punya bakat menjadi orang yang bisa menemukan talentanya dalam Tuhan, dari oarng yang direndahkan dikecilkan, disepelehkan menjadi orang yang dipentingkan, diutamakan karena Tuhan

Akhir jaman ini akan banyak terjadi tekanan yang dihadapi umat Tuhan tapi Tuhan akan bekerja kepada orang-orang yang mencintai Tuhan, yang lengket dengan Tuhan. Ingat  Tuhan sedang bekerja dalam hidup kita Sehingga Firman Tuhan ini nyata. Ulangan  28:13 TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia

 

       Oleh Pdt Thelma Rungkat di Bethany (TOC Surabaya)