Pentingnya Buah Untuk santap siang

makan buahSelaluBaruNet – Sarapan dan makan malam biasanya lebih diperhatikan, karena dianggap paling berpengaruh terhadap berat badan. Padahal, sebenarnya makan siang juga berperan penting bagi kesehatan tubuh. Demi diet sehat, menunya juga perlu dikontrol. Berikut setidaknya lima alasan seseorang harus mengonsumsi buah saat santap siang.

Membatasi nafsu makan

Menyantap buah dapat mengurangi nafsu makan. Kandungan fuktosanya tak hanya memberi pasokan energi, tetapi juga membuat cepat kenyang karena sarat serat. Sebutir apel, pir, atau segenggam anggur sangat disarankan sebelum menyantap sepotong lasagna.

Menurunkan berat badan

Buah juga baik untuk menurunkan berat badan. Setengah mangkuk strawberry manis bisa dikonsumsi sebelum makan. Kandungan vitamin C dan serat yang tinggi, membuat lebih cepat kenyang dan hanya perlu makan sedikit porsi utama.

Mengatasi makan yang terlambat

Saat makan siang harus terlambat karena pekerjaan masih menumpuk, atasi saja dengan buah. Sebutir jeruk manis atau potongan nanas segar, mengandung banyak kalium, vitamin C, serta serat. Buah kering seperti kismis atau potongan manisan mangga juga bisa mengganjal perut sampai makan malam.

Mengurangi lemak

Sudah duduk seharian di depan komputer, ditambah makan siang tak sehat pula. Tubuh tak banyak bergerak, hasilnya adalah lemak. Itu bisa diatasi dengan mengonsumsi salad buah, blueberry, mangga, jambu, atau kiwi saat makan siang. Gula darah stabil, dan bebas lemak.

Memperbaiki pencernaan

Mengawali makan siang dengan buah, baik untuk pencernaan. Sebutir pir, apel, atau berry merupakan buah-buahan yang rendah kalori namun padat nutrisi. Ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan tubuh.