Penumpang Gelap di Roda Pesawat Selamat

by Mauinews.com

by Mauinews.com

SelaluBaruNet – Aksi membahayakan dan unik kembali dilakukan oleh seorang remaja berusia 15 tahun yang berhasil selamat setelah menjadi penumpang gelap di bagian roda pesawat  Hawaii Airlines.

Dilansir dari laman USA Today, Senin 21 April 2014, juru bicara Biro Investigasi Federal (FBI), Tom Simon, menyatakan remaja itu diketahui menjadi penumpang gelap setelah pesawat mendarat di Bandara Maui pada Minggu kemarin. Remaja itu tiba tanpa identitas apa pun.

Pesawat lepas landas dari Bandara San Jose di California menuju Hawaii. Simon mengatakan berdasarkan rekaman petugas keamanan di Bandara San Jose, remaja itu diduga berasal dari Santa Clara.

Dia kemudian melompati pagar untuk bisa masuk ke tempat penyimpanan roda pesawat Hawaii Airlines. Begitu mendarat di Bandara Maui, remaja laki-laki itu turun dari roda pesawat dan mulai berkeliling bandara. “Dia tidak sadarkan diri saat sebagian besar menjalanipenerbangan,” kata Simon. Penerbangan memakan waktu sekitar 5,5 jam dan berada di ketinggian 12 ribu meter.

Juru bicara maskapai Hawaii Airlines, Alison Croyle, mengatakan personel pesawat jenis Boeing 767, mengenali remaja itu sebagai penumpang gelap sesaat setelah pesawat mendarat. Croyle lalu segera menginformasikan hal itu kepada petugas keamanan bandara.

Menurut hasil pemeriksaan awal, remaja itu sudah diperiksa secara medis dan ajaibnya, tidak mengalami luka sedikit pun. Dia juga tidak didakwa melakukan tindak kejahatan.
Menurut Simon, remaja itu kabur dari rumahnya. Usai diperiksa, remaja tersebut lantas dititipkan ke layanan perlindungan anak.

Namun, akibat peristiwa ini, kemudian menimbulkan tanda tanya besar soal keamanan di Bandara Internasional San Jose. Namun, juru bicara bandara Rosemary Barnes mengatakan kini tengah bekerja sama dengan polisi udara, FBI dan Biro Keamanan Transportasi untuk meninjau kembali keamanan di sana sebagai bagian dari proses penyelidikan.

Bukan kali pertama
Ini bukan kali pertama penumpang gelap ingin terbang gratis dan bersembunyi di roda pesawat. Pada Agustus tahun 2013, seorang anak laki-laki berusia 13 atau 14 tahun di Nigeria berhasil selamat naik penerbangan lokal secara diam-diam selama 35 menit.