Penyebab Bulu Wanita Makin Lebat

buluSelaluBaruNet  –  Setiap wanita pasti mendambakan memiliki kulit yang bersih dan mulus tanpa bulu halus, baik di kaki dan tangan maupun wajah. Tapi bagaimana jika ternyata wanita juga memiliki bulu yang lebat di atas bibir maupun kaki  dan tangan? Ini adalah penyebab bulu wanita makin lebat

Sebuah survei online yang diadakan terhadap lebih 2.000 wanita menunjukkan bahwa, tumbuhnya bulu-bulu halus di beberapa bagian tubuh mengakibatkan  kegelisahan besar setelah obesitas. Hal ini yang membuat wanita kehilangan percaya diri.

Hasil survey menunjukan, satu dari 10 wanita di dunia diperkirakan memiliki pertumbuhan rambut berlebih seperti di atas mulut, tangan, atau kaki. Perkiraan ini diperkuat dengan munculnya aneka produk perontok bulu atau jasa waxing.

“Banyak dari mereka yang menyalahkan faktor genetik atau keturunan sebagai penyebab bulu wanita makin lebat daripada persoalan medis,” kata Dr Rina Davidson, endrokinolog dari Whipps Cross University Hospital, London, yang mendalami soal pertumbuhan bulu-bulu halus pada wanita.

Dr Davidson tak memungkiri peran faktor genetik atas pertumbuhan rambut berlebih pada wanita. Namun, ada beberapa faktor lain yang tak boleh diabaikan seperti konsumsi obat-obatan tertentu, penyakit, juga kebiasaan diet yang buruk.

Makan makanan mengandung kadar gula tinggi dan karbohidrat olahan seperti biskuit dan cake, juga berperan meningkatkan pertumbuhannya. Makanan-makanan ini memiliki indeks glycaemic tinggi. “Yang artinya dapat menyebabkan resistensi insulin,” ujarnya.

Insulin merupakan hormon yang mengontrol kadar gula darah. Resisten berarti hormon menjadi kurang efektif menurunkan kadar gula darah, sehingga tubuh harus bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan insulin.

“Masalahnya peningkatan kadar insulin dapat memicu ovarium meningkatkan produksi hormon testosteron. Hormon pria inilah yang kemudian berperan menumbuhkan bulu-bulu halus di beberapa bagian tubuh wanita, seperti pria,” kata Marilyn Glenville, ahli nutrisi dan pakar kesehatan wanita. Itulah penyebab bulu wanita makin lebat.