Penyebab Gampang Menangis

nangisSelaluBaruNet – Semua orang yang hidup di dunia ini pernah mengalami yang dinamakan menangis dengan berbagai alasan baik karena sedih, terharu, maupun sukacita karena ini adalah salah satu ciri khas manusia. Berikut ini adalah 5 hal yang membuat orang bisa mengeluarkan air mata:

Menangis bukan hanya karena ketiga faktor diatas tapi ternyata menagis juga untuk membersihkan mata. ada 3 jenis air mata. Pertama adalah air mata untuk melindungi mata, disebut dengan air mata basal. Kedua, air mata yang keluar secara refleks untuk merespon iritasi, misalnya debu atau zat yang dikeluarkan bawang. Ketiga adalah air mata emosi.

1. Ada sesuatu di mata
Selain saat mengiris bawang, mata juga secara refleks mengeluarkan lebih banyak air mata saat mata terkena zat iritan. Misalnya saja asap rokok atau debu. Cara untuk menghindari iritasi adalah menggunakan kaca mata.

2. Jenis kelamin
Secara biologis wanita memang dibentuk untuk menangis lebih sering dari pada pria. Selain karena memang anatomi mata yang sedikit berbeda, wanita juga kerap mengalami sedih menjelang masa menstruasi sehingga mereka pun mudang terpancing untuk menangis.

3. Kelelahan
Bukan cuma bayi yang menangis karena ia merasa kelelahan dan kurang tidur. Orang dewasa juga. Penelitian menunjukkan, tidur sekitar 4,5 jam setiap malam bisa membuat mood berantakan sehingga kita cepat tersinggung atau pun sedih. Tak heran jika karena hal sepele yang tidak berkenan kita jadi ingin menangis.

4. Stres
Seseorang yang sedang mengalami situasi tertekan dan juga kecemasan cenderung lebih sering menangis. Hal ini karena menangis bisa menenangkan hati. Menangis juga akan membuat kita mendapat dukungan moral dari orang lain.

5. Depresi
Walau pun pada orang yang depresi berat mereka jadi jarang menangis dan emosinya justru tumpul, tetapi lebih sering menangis juga menjadi pertanda depresi. Merasa sedih sepanjang hari, hilangnya nafsu makan, atau kurang berenergi merupakan gejala gangguan mood yang mengarah pada depresi.