Penyebab Sakit Punggung

sakit punggungSelaluBaruNet – Sakit punggung merupakan masalah penyakit serius bagi mereka yang mengalaminya karena sering mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini disebabkan karena meregangnya otot punggung atau meregangnya ligamen. Namun ada kadang timbul begitu saja secara perlahan. Benarkah?

Nyeri pada area belakang tubuh biasanya disebabkan oleh cara Anda duduk, berdiri dan mengangkat barang. Dengan lamanya waktu yang dihabiskan untuk duduk, tubuh Anda mau tak mau harus menyesuaikan diri dengan posisi tersebut. Tubuh harus beradaptasi dengan berat yang tertumpu pada pinggul dan panggul saat Anda duduk tegak, bungkuk atau posisi lainnya.

Selain itu, ada pula proses pada otot yang bisa menyebabkan punggung terasa nyeri. Saat duduk, otot fleksor di panggul secara otomatis akan menegang, dan ketika berdiri bokong pun berubah menjadi lebih lemah dan kendur karena berada pada posisi yang rileks. Hal itu sering disebut ‘muscle imbalance’.

Akibat dari ketidakseimbangan otot, akan menimbulkan disfungsi postural dari panggul dan tulang belakang, sehingga menjadikan keduanya berada pada posisi yang tidak normal. Posisi ini bisa merusak kesehatan orang yang sebelumnya tidak memiliki masalah pada punggung, dan bencana bagi mereka yang menderita segala jenis sakit punggung. Ini Beberapa langkah untuk mengatasi nyeri punggung.

1. Saat duduk
Cobalah berbagai posisi duduk dan menggantinya setiap saat. Misalnya duduk dengan kaki yang diluruskan atau ditekuk sehingga telapak kaki menyetuh roda kursi. Sesekali berjalan meninggalkan meja kerja dan berdiri saat mengangkat telpon atau membersihkan meja, juga merupakan cara lain untuk mengurangi nyeri punggung.

2. Saat Berdiri
Jika pekerjaan menuntut Anda untuk berdiri sepanjang hari, pastikan bahwa Anda mengenakan sepatu berkualitas yang mendukung kontur kaki. Mekanika tubuh dimulai ketika kaki Anda menyentuh tanah. Oleh karena itu penggunaan sepatu netral (tidak menggunakan hak) sangat dianjurkan.

Salah satu kebiasaan buruk seseorang ketika berdiri adalah menumpu berat badan pada salah satu kaki saat sedang berdiri lama. Posisi tersebut bisa mencelakai panggul dan tulang belakang. Jadi, usahakan selalu menumpu berat badan pada kedua kaki.

3. Saat Mengangkat Barang
Saat mengangkat barang dengan berat lebih dari 4,6 kilogram secara berulang-ulang, bisa buat punggung Anda dalam keadaan bahaya. Bukan karena kegiatannya, melainkan karena ketidakmampuan tubuh untuk mentolerir stres dari berat. Dengan kata lain, Anda bisa mengangkat benda appaun selama masih mampu mengangkatnya.

Namun ketika tidak mampu, dan tetap memaksa untuk mengangkatnya, maka akan terjadi ketidakseimbangan otot. Jika hal itu terjadi, hanya butuh waktu atau stres yang akhirnya membuat Anda merasakan nyeri pada punggung.

4. Stres
Ini merupakan hal yang tak terhindarkan dari kehidupan kantor, dan berperan sebagai penyebab otot tegang yang dapat membuat cider. Stres juga menurunkan toleransi Anda terhadap nyeri. Untuk beberapa kasus, mengatur pernapasan bisa meminimalkan stres. Selain itu, berjalan di taman, atau membicarakan masalah yang membuat frustrasi dengan teman, dipercaya bisa membantu.