Photo Exklusive Air tertua di Bumi ini berusia 2,6 Milyar Tahun

0516-underground-oasis-1.jpgSelaluBaruNet – Satu setengah mil di bawah permukaan bumi di tambang Kanada, para peneliti telah menemukan kolam air paling kuno yang berusia 2,6 milyar tahun.

Temuan ini diumumkan di jurnal Nature pada tanggal 16 Mei 2013, peningkatan kemungkinan yang menggiurkan bahwa kehidupan kuno mungkin ditemukan jauh di bawah tanah tidak hanya di dalam bumi, tetapi dalam oasis serupa yang mungkin ada di Mars, ungkap para ilmuwan yang mempelajari air itu.

Waduk ini lebih asin daripada air laut, “dan memiliki kimia dalam banyak hal yang mirip dengan ventilasi hidrotermal di dasar laut, hidrogen dan bahan kimia lainnya yang secara Penuh terlarut mampu mendukung kehidupan,” kata Sherwood Lollar. [Tempat Aneh Apa yang Ditemukan Kehidupan didalam Bumi]
Penemuan yang Diluar Perkiraan

Para ilmuwan menganalisis air mereka menemukan kedalaman 2 mil (2,4 km). Mereka berfokus pada gas mulia seperti helium, neon, argon dan xenon. Studi terdahulu menganalisis gelembung udara yang terjebak dalam batuan kuno yang ditemukan bahwa gas mulia dapat terjadi dalam rasio yang berbeda terkait dengan era tertentu dalam sejarah Bumi. Dengan demikian, dengan menganalisis rasio gas mulia terlihat di dalam air ini, para peneliti bisa menyimpulkan usia air.

Situs ini dibentuk oleh aktivitas geologi mirip dengan yang terlihat di ventilasi hidrotermal. “Kami berjalan di sepanjang apa yang digunakan untuk menjadi dasar laut 2,7 miliar tahun yang lalu,” kata Sherwood Lollar. “Anda masih bisa melihat beberapa bantal yang sama struktur lava sekarang terlihat di dasar laut.”

Tanda-tanda kehidupan?

Air kuno ini berhamburan keluar dari lubang bor tim yang dibor di tambang pada tingkat hampir setengah galon (2 liter) per menit. Ini masih belum jelas persis seberapa besar waduk air ini.

“Ini merupakan pertanyaan yang sangat penting dan salah satu yang kami ingin mengejar dalam pekerjaan masa depan kita,” kata Sherwood Lollar. “Kami juga ingin melihat apakah ada waduk dihuni usia yang sama di seluruh dunia.” Sherwood Lollar menekankan mereka belum menemukan tanda-tanda kehidupan di air dari Timmins.

air

air tertua.jpg 1