Pria, Jangan Konsumsi Daging Olahan Setiap Hari

daging olahanSelaluBaruNet – Siapa sih yang tidak suka dengan daging olahan? Selain rasanya yang enak, juga karena cara masaknya yang praktis karena tidak perlu pakai segala macam bumbu. Namun bagi para pria, berhati-hatilah terhadap daging olahan karena bisa turunkan kualtas sperma. Benarkah?

Menurut penelitian Universitas Harvard, terlalu banyak mengonsumsi makanan jenis ini dapat menurunkan jumlah sperma.

Pria yang mengonsumsi daging olahan secara rutin, jumlah spermanya lebih rendah dibanding mereka yang tidak. Daging olahan yang dimaksud adalah daging asap, sosis, hamburger dan daging cincang.

Pria yang tidak setiap hari menyantap daging olahan, memiliki sperma 30 persen lebih normal dibanding mereka yang memakan daging olahan lebih dari itu. Sementara, pria yang gemar mengonsumsi ikan, kualitas spermanya lebih baik dibanding dua kategori pria di atas.

“Asupan daging olahan dapat mengurangi jumlah sperma, sedangkan ikan menghasilkan jumlah sperma yang lebih baik,” kata Myriam Afeiche dari
Harvard School of Public Health seperti dilansir laman Telegraph.

Allan Pacey, ahli kesuburan dari Universitas Sheffield mengatakan, pola makan sehat sudah lama diketahui dapat meningkatkan kesuburan pria. Mereka yang lebih sering mengonsumsi buah dan sayuran, memiliki kualitas sperma lebih baik.

“Sangat sulit untuk menentukan secara akurat bentuk dan ukuran sperma. Namun lepas dari itu, saran untuk menjauhi daging olahan dan memperbanyak makan ikan adalah nasihat kesehatan yang baik. Asupan daging olahan harus dibatasi karena makanan ini juga menimbulkan penyakit yang lain,” lanjut Pacey.