Resep Bolu Karamel Enak

kue karamelSelaluBaruNet – Warna cokelat kehitaman dari bolu karamel ini membuat  semua orang pada tertarik untuk mencobanya. Apalagi dengan tekstur kuenya yang berongga-rongga seperti sarang semut, hmmm …. pasti enak. Lihat resepnya yuk..!!
BAHAN :
200 gr margarin/mentega, cairkan
200 gr gula pasir
200 ml air
150-200 ml susu kental manis (tergantung tingkat kemanisan yang diinginkan)
200 gr tepung terigu
1 sdt soda kue
6 butir telur

CARA MEMBUAT :
1. Panaskan gula hingga menjadi karamel, beri air, aduk hingga gula karamel larut. Dinginkan.

2. Kocok telur hingga agak pucat dan berbuih, masukkan susu, kocok hingga rata.
3. Tambahkan tepung, mentega cair, aduk rata lalu masukkan air karamel dan soda kue. Aduk rata kembali.
4. Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung tipis. Panggang dengan suhu 150 °C hingga matang (lebih kurang 45 menit)
5. Tunggu hingga benar-benar dingin sebelum dipotong.

Tips Agar Karamel Halus Dan Tidak Gosong

  • Gunakan gula putih yang bersih. Campuran selain gula akan gosong lebih dulu sebelum gulanya meleleh. Ini akan menyebabkan karamel Anda terasa pahit dan teksturnya tidak halus.
  • Jangan diaduk meskipun sudah cukup meleleh, ada kemungkinan kristal gula masih ada di sana. Jika diaduk, Anda justru akan membuat karamel Anda mengkristal. Goyang-goyangkan panci sebagai ganti mengaduk.
  • Jangan ragu saat mengangkatnya dari kompor karena saat karamelnya telah mencair, suhu karamel menjadi sangat tinggi dan cepat sekali menjadi gosong jika terus dipanaskan. Oleh karena itu, begitu gula mencair seluruhnya, angkatlah karamel tersebut dari api. Terus goyangkan panci saat tidak dipanaskan agar karamel tidak gosong. Anda akan mencium bau lembut karamel dengan warna yang tetap indah keemasan.
  • Setelah diaduk, masukkan air panas atau beberapa bongkah mentega dan goyangkan lagi hingga tercampur seluruhnya. Kemudian panaskan lagi sejenak untuk meratakan karamel. Pastikan air atau mentega yang dimasukkan juga sudah bebas dari kotoran atau cemaran lainnya agar hasil karamel Anda tetap bersih.