Rossi Raih Gelar Perdana di Silverstone dan Pimpin Klasemen Lagi

Rossi.jpg pkSelaluBaruNet – Insiden tergelincir Marc Marquez mewarnai kemenangan pertama Valentino Rossi di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (30/8/2015). Kemenangan itu pun mengantarkan Rossi ke puncak klasemen lagi, menjauhi rekan satu timnya, Jorge Lorenzo.

Balapan ini sempat ditunda karena perubahan cuaca di Silverstone. Red flag dikibarkan dan para pebalap kembali ke pit untuk memasang ban basah. Akibatnya, balapan baru dimulai 25 menit dari jadwal semula.

Pertarungan ketat langsung terjadi saat restart. Lorenzo berhasil melesat cepat merebut posisi terdepan dari Marquez. Start bagus juga ditunjukkan Pol Espargaro yang naik ke posisi tiga di belakang Marquez.

Pada awal lap kedua, Lorenzo kehilangan posisi terdepan yang direbut Rossi. Rossi melesat jauh dari posisi empat ke posisi pertama. Ia terus bertarung ketat dengan Marquez dan Lorenzo hingga lap keempat.

Pada lap ketujuh, persaingan Rossi dan Marquez di posisi terdepan semakin ketat. Mereka meninggalkan Lorenzo jauh di belakang. Pada lap kedelapan, Lorenzo merosot ke posisi lima setelah Daniel Petrucci dan Dani Pedrosa.

Perlawanan Marquez terhadap Rossi terpaksa berakhir pada lap ke-12 setelah tergelincir dan terlempar keluar lintasan. Sejak saat itu, Rossi terus memimpin jauh meninggalkan para pebalap lain dan memenangi balapan.

Sejak tampil pada level MotoGP (2002), Rossi sukses tiga kali memenangi MotoGP Inggris. Namun, ketiga kemenangan itu didapat di Sirkuit Donington Park, bukan di Silverstone.

Pada 2010, Silverstone kembali menjadi tuan rumah GP Inggris setelah absen sejak 1986. Prestasi terbaik Rossi di Silverstone sebelum ini adalah finis di peringkat ketiga pada 2014.

Sementara itu, bagi Marquez ini merupakan kali keempat ia terjatuh pada musim ini. Sebelumnya, Marquez pernah jatuh di Sirkuit Rio Hondo (Argentina), Mugello (Italia), dan Catalunya (Spanyol).

Sumber:kompas.com