Salah Satu Penyebab Pikun Adalah Perut

buncitSelaluBaruNet – Bagian tubuh bagian yang paing banyak menyimpan lemak adalah perut, karena bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, jantung dan lain sebagainya. Sebuah studi mengungkap bahwa mereka yang memiliki perut buncit berisiko lebih cepat mengidap demensia atau pikun di usia tua. Benarkah..??

Studi yang diterbitkan di jurnal Cell Report itu menyatakan bahwa mereka dengan lemak perut berlebih memiliki tingkat protein rendah yang secara langsung mengganggu metabolisme tubuh.

Disebut alfa PPAR, protein itu tak hanya mengendalikan metabolisme lemak dalam hati, tetapi juga mengendalikan memori dan sistem otak dalam mempelajari sesuatu.

Orang-orang yang kelebihan berat badan awalnya hanya kehabisan tingkat alfa PPAR dalam hati mereka. Tetapi, pada akhirnya seluruh tingkat alfa PPAR di tubuh termasuk otak lama kelamaan akan habis.

Beberapa ahli saraf di Rush University Medical Centre, Chicago dan National Institutes of Health percaya bahwa temuan mereka dapat mengarah pada pengembangan obat untuk meningkatkan memori, terutama bagi mereka yang menderita demensia.

“Kami harus memahami bagaimana lemak dapat memengaruhi memori dan kemampuan belajar, agar menemukan pendekatan efektif untuk melindungi kemampuan otak tersebut,” ucap Dr Kalipada Pahan dari Rush University Medical Centre seperti dikutip Daily Mail. 

Ia juga mengatakan bahwa studi lebih lanjut akan dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan jumlah alfta PPAR dalam otak untuk mencegah pikun.

Sebelumnya, para peneliti juga mengatakan bahwa perokok pasif, orang-orang yang mengonsumsi minuman beralkohol, penderita insomnia, diabetes tipe 2, dan liver berisiko tinggi mengidap demensia.