Seniman Ini Tumbuhkan Pohon Yang Hasilkan 40 Jenis Buah

macam2 buah 1SelaluBaruNet – Seorang seniman pahat asal New York ini mengadopsi teknik stek atau okulasi untuk menciptakan sebuah ‘karya’ luar biasa dimana pohon ini mampu menghasilkan 40 jenis buah. Benarkah?

Seperti dilansir Oddity Central, Sam Van Aken telah mengembangkan pohon penghasil 40 jenis buah ini sejak tahun 2008. Ia berkeliling ke berbagai daerah untuk mencari tanaman buah yang sudah mulai langka, kemudian membudidayakannya dengan stek

Dosen kesenian di Syracuse University, Pennsylvania ini sudah mengenal stek sejak kecil. Dia selalu terkesan dengan teknik bercocok tanam tersebut. Ketika dewasa dia pun menggunakan ‘keajaiban’ stek untuk menciptakan karya besar yang selalu dia impi-impikan.

Walaupun sudah menguasai teknik stek, dia masih sering mengalami kegagalan dalam menyambung batang tanaman buah-buahan. Butuh waktu bertahun-tahun sebelum tekniknya benar-benar sempurna. Dan setiap batang yang disambung ke pohon induk harus dipantau secara berkala.

Ketika pertama kali mencoba, saya menyambung cabang-cabangnya agar setiap varietas mekar dalam waktu yang berbeda-beda. Saya punya satu pohon yang mekar seluruhnya pada satu sisi, namun sisi lainnya tampak sekarat.

Dari sana saya menciptakan kerangka waktu mekarnya semua varietas yang saling berhubungan itu. Jadi pada dasarnya saya bisa merancang bagaimana pohon itu akan tumbuh,” tuturnya.

Sampai tahun 2015 ini, Van Aken berhasil menumbuhkan 21 pohon. Beberapa di antaranya sudah berpindah tangan. Ada yang dibawa ke New York, Portland,bahkan ada yang disimpan di museum.