Sentuhan yang Menyembuhkan

sentuhanSelaluBaruNet – Banyak cara agar tubuh dan pikiran Anda merasa nyaman. Cara termudah adalah melalui sentuhan.

Meremas tangan, berpelukan, memijat, hingga berhubungan seks merupakan bentuh sentuhan yang memberikan banyak keuntungan bagi tubuh.

Pijatan – Menaikkan sistem kekebalan tubuh
Melalui pijatan, sentuhan akan membantu merileksasikan otot, denyut jantung, menormalkan tekanan darah dan menurunkan tingkat hormon stres kortisol.

“Kortisol menekan respons kekebalan tubuh. Segala sesuatu yang meningkatkan respons relaksasi dapat memicu pemulihan respon kekebalan tubuh,” jelas Roberta Lee, MD.

Pelukan – Menurunkan tensi darah
Pelukan membantu tubuh ‘dibanjiri’ hormon kebahagiaan oksitosin, yang membuat Anda merasa aman dan percaya satu sama lain. Selain itu, juga membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol. Penelitian di University of North California mengungkapkan bahwa wanita yang sering dipeluk cenderung lebih bahagia.

Berpegangan tangan – Menghalau cemas
Dalam sebuah studi diketahui, ketika wanita berpegangan tangan dengan siapa pun maka respons stres mereda. Dan ketika pasangan diminta berpegangan tangan, cenderung menjadi tenang.

Berhubungan seks – Lebih sehat
Ketika berhubungan seks, maka terjadi kontak skin-to-skin hampir disemua bagian tubuh. Hormon oksitosin dan endorfin akan meningkat yang akhirnya membuat perasaan nyaman, senang dan dicintai.

Beberapa studi ilmiah juga menunjukkan bahwa sentuhan fisik selama seks membantu menurunkan tekanan darah. Rata-rata denyut jantung saat di puncak orgasme juga sama seperti melakukan olahraga ringan.

Sebuah penelitian di Pennsylvania mengungkapkan bahwa orang yang berhubungan seks sekali atau dua kali dalam seminggu cenderung memiliki Immunoglobulin A (IgA) 30 persen lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak melakukan hubungan seks sama sekali. IgA merupakan ‘prajurit’ penting dalam tubuh untuk melawan serangan penyakit.

Sumber:ghiboo.com