Sering Sarapan Manis Bikin Petaka

sarapanSelaluBaruNet – Sarapan menggukan makanan dan minuman manis memang menyenangkan, karena rasanya lebih asyik. Tapi tahukah anda bahwa sarapan manis seperti sereal olahan, kue-kue, muffin, dan roti panggang adalah petaka bagi energi Anda?

Makanan yang mengandung banyak gula bisa meningkatkan kadar gula darah Anda yang berakibat pada meningkatnya energi. Namun, makin cepat kadar gula darah naik, kian cepat pula gula darah Anda melorot tajam dalam beberapa jam. Hasilnya? Anda akan mengalami crash saat kehabisan energi, seperti mengantuk dan lelah.

Solusinya, untuk mendapatkan energi yang selalu stabil sepanjang hari, sebaiknya makan pagi dengan gandum sereal yang dikonsumsi bersama buah iris di atasnya. Atau telur dengan roti panggang gandum. Cobalah untuk memilih sereal sarapan yang wholegrain dan rendah garam dan gula.

Pola makan lainnya yang bisa bikin kita kekurangan energi adalah diet yang melelahkan. Alih-alih berniat meningkatkan energi dengan cara menjadi lebih kurus, diet ketat malah akan membuat tubuh kelelahan. Kalori yang sangat rendah masuk tubuh (kurang dari 850 kalori per hari) akan membuat Anda merasa lebih lelah dan dapat merusak kesehatan dengan cara lain.

Solusinya, turunkan berat badan dengan cara yang aman, misalnya mengonsumsi makanan sehat, menghindari ‘junk food’, makanan manis, serta mengurangi porsi