Suhu Ekstrem 50 Derajat Celsius Tewaskan 800 Warga India

panas.jpg okSelaluBaruNet - Setidaknya 800 orang tewas dalam gelombang panas besar yang telah melanda seluruh India, mencair jalan di New Delhi dengan suhu mendekati 50 derajat Celsius (122 Fahrenheit).

Di kawasan paling parah, Andhra Pradesh di selatan, 551 orang tewas dalam sepekan terakhir saat temperatur menembus angka 47 derajat Celsius, Senin (25/5).

“Pemerintah pusat telah menyosialisasikan program melalui televisi agar warga tidak keluar rumah tanpa topi, minum air dan langkah pencegahan lain,” ujar komisioner khusus untuk manajemen bencana di India P Tulsi Rani, dikutip dari AFP.

“Kami juga telah meminta LSM dan organisasi pemerintah untuk membuka kamp air minum sehingga air akan tersedia untuk semua orang di kota-kota.”

Sebagian besar wilayah India, termasuk New Delhi mengalami serangan panas beberapa hari belakangan. Hal ini memicu kekhawatiran padamnya aliran listrik karena penggunakan pendingin udara yang lebih lama.

Senin (25/5), suhu udara di New Delhi mencapai 45,5 derajat Celsius atau lima derajat lebih tinggi dibandingkan rata-rata suhu musiman. Negara bagian Telangana yang berbatasan dengan Andhra Pradesh mengalami suhu 48 derajat Celsius pekan lalu.