Tanda Stres yang Tak Biasa

stresSelaluBaruNet – Banyak tanda stres yang bisa dilihat secara umum seperti emosi yang tak stabil, masalah pada tidur, atau makan yang berlebihan. Ternyata ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh, yang menjadi cara tubuh memberikan sinyal adanya stres yang sedang melanda. Beberapa tanda stres yang seringkali diremehkan oleh banyak orang.

Mengeluarkan keringat yang berlebihan

Keluarnya keringat biasanya disebabkan oleh cuaca yang panas, tapi tidak selamanya cuaca panas menyebabkan keringat. Ternyata berkeringat secara berlebihan juga merupakan salah satu tanda stres. Berkeringat seperti ini akan terjadi setiap satu sampai dua jam. Ketika seseorang mengalami stres karena tekanan yang berat maka si penderita biasanya mengeluarkan keringat yang berlebihan selama kurang lebih lima menit, setelah suhu tubuh capai puncak panas, artinya keringat mencapai titik puncak, maka dengan sendirinya suhu tubuh perlahan menurun dan keringat berhenti secara tiba. Hal ini akan berlangsung kembali setelah satu sampai dua jam mendatang. (pengalaman pribadi)

Bibir pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah, ternyata tak selalu menjadi tanda kekurangan air atau vitamin D dalam tubuh. Namun, kondisi ini terjadi juga apabila tubuh kekurangan vitamin B6, yang berperan dalam meredakan stres. Karena, vitamin B6 dapat merangsang produksi neurotransmitter pada otak seperti serotonin dan dopamin, salah satu hormon yang baik untuk melawan stres. Bila terjadi keluhan ini, maka kandungan vitamin B6 Anda lemah dan stres bisa datang kapan saja. Siasati dengan mengonsumsi beragam jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin B, khususnya B6 seperti yang terkandung pada wortel, alpukat, pisang, dan kentang.

Bintik putih pada kuku

Pernah dengar mitos tentang bintik putih pada kuku? Jika yang Anda dengan adalah mitos mengenai jodoh dan percintaan, maka sudah dapat dipastikan mitos ini tak benar. Faktanya, munculnya bintik putih di kuku adalah tanda bahwa tubuh Anda kekurangan seng, yang kemudian bisa memicu datangnya stres. Seng, adalah salah satu kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, khususnya untuk melawan stres. Kandungan mineral seperti seng ini, juga bermanfaat untuk mengokohkah sistim imunitas, serta meningkatkan jumlah hormon seksual dengan produksi insulin. Dapatkan kandungan seng dalam beberapa jenis makanan seperti kacang-kacangan, ikan, keju, hingga ikan laut.

Gangguan pencernaan

Beberapa gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare, juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang terserang stres. Pasalnya, dalam keadaan ini, tubuh Anda kekurangan kandungan magnesium, kandungan mineral yang tak kalah penting dari seng. Magnesium, memiliki kemampuan sebagai antistres yang bekerja dalam tubuh. Kekurangan zat ini bisa mendatangkan beberapa gangguan yang berkaitan dengan stres seperti rasa cemas berlebihan. depresi, nyeri otot, hingg gangguan tidur. Lengkapi kandungan magnesium dalam tubuh Anda dengan mengonsumsi makan seperti ubi-ubian, kacang kedelai, hingg sayur mayur hijau.

Gusi berdarah

Bukan hanya memberikan tanda bahwa adanya gangguan pada mulut dan gigi. Bila kondisi ini terjadi, maka sudah pasti tubuh Anda kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin C, nantinya akan berhubungan dengan pasokan hormon antistres, yang dihasilkan oleh vitamin C. Sebagaimana salah satu antioksidan yang baik dan dibutuhkan oleh seluruh tubuh, vitamin C dapat merasngsang prosuksi kolagen yang baik untuk sistim imun. Tingkat keparahan dari kondisi ini bisa semakin meningkat dengan adanya keterlibatan dari rokok, alkohol dan obat-obatan tertentu.