Ternyata Air Liur Bisa Deteksi Gejala Kanker Pankreas

pankreasSelaluBaruNet – Salah satu penyakit mematikan di dunia adalah kanker pankreas. Keberadaan penyakit ini sulit terdeteksi dan penderita baru menyadarinya jika suadah menyebar luas.

Penelitian yang dilakukan oleh  School of Dentistry, University of California,menyatakan bahwa, ternyata melalui air liur, gejala kanker pankreas dapat diketahui. Intip yuukkzz…

Sebelumnya, kanker pankreas hanya dapat didiagnosis melalui biopsi. Meskipun tes darah juga bisa menunjukkan adanya sesuatu yang salah pada organ sistem pencernaan tersebut.

“Kami telah membuktikan adanya hubungan biologis antara gangguan sistemik tubuh dengan rongga mulut,” kata David Wong, peneliti seperti dikutip huffingtonpost.com.

Seekor tikus yang memiliki tumor pankreas dijadikan bahan studi mereka. Ditemukan bahwa organel yang disebut ‘exosome’, memiliki pengaruh terhadap molekul tanda peringatan awal penyakit, atau biomarker. Ketika mereka menekan produksi exosome, biomarker tidak muncul lagi pada air liur tikus.

Ini bukan pertama kalinya air liur dikaji untuk mendeteksi kanker. Sebelumnya, peneliti dari Michigan State University mengkaji hubungan biologis air liur dengan kanker mulut.