Ternyata Jalan kaki 10 menit Bisa Cegah Kematian Dini

jalan kakiSelalubaruNet – Olahraga ringan dan santai adalah jalan kaki, meskipun sederhana tapi ternyata memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Hal ini terbukti setelah sebuah penelitian menyatakan bahwa berjalan kaki mampu menyelamatkan 37 ribu jiwa per tahun dari kematian akibat kanker, penyakit jantung, dan stroke.

Penelitian yang dilakukan oleh The Ramblers Walking Charity and Macmilan Cancer Support mengatakan, satu dari tiga orang yang disurvei hampir tidak punya waktu untuk olahraga jalan kaki.

Pendiri Walking for Health and Intelligent Health Dr. William Bird mengatakan, kurangnya aktivitas fisik merupakan sumber utama penyebab kematian prematur dibandingkan obesitas.

“Meski langsing, Anda belum tentu sehat jika tidak aktif. Orang yang gemuk justru bisa jadi lebih bugar karena banyak bergerak,” ujarnya.

Ia juga menyatakan bahwa berjalan dapat meningkatkan kesehatan dengan meningkatkan sel-sel pembunuh alami, membatasi peradangan dan mencegah kerusakan pada ‘baterai energi’ dalam sel.

Atas penelitian ini, di Inggris sembilan dari sepuluh warganya berpikir bahwa berjalan adalah bentuk olahraga terbaik yang dapat membuat tubuh lebih sehat.

The Report Walking Works juga menyatakan berjalan kaki 150 menit dalam satu minggu atau 21 menit sehari, mencegah:

– 36.815 orang dari kematian prematur

– 294.730 orang dari kasus diabetes

– 12.061 orang dari penyakit jantung koroner

Menurut Dr William, seharusnya dokter dapat mengubah pendekatannya kepada pasien dengan meyakinkan mereka bahwa olahraga sangat penting bagi kesehatan. “Jika tidak memiliki banyak waktu, luangkan waktu untuk berjalan kaki selama sepuluh menit,” katanya seperti dikutip Daily Mail.