Ternyata Nanas Bisa Sembuhkan Luka Diabetes

nanasSelaluBaruNet - Penderita diabetes kini dapat sedikit lega. Pasalnya, penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh salah satu doktor Fakultas Ilmu Keperawatan UI, Debie Dahlia, menemukan bahwa bromelin topical yang terdapat dalam enzim nanas memiliki efek penyembuhan luka pada penderita diabetes.

“Bromelin adalah enzim protease dari tanaman nanas yang telah dibuktikan baik in vitro dan in vivo efektif sebagai anti inflamasi dan imunomodulator,” ungkap Debie.

Penelitian yang dilakukan dalam bentuk disertasi yang berjudul “Efektivitas Bromelain Topikal Pada Penyembuhan Luka Tikus Diabetikum Tinjauan Khusus Terhadap Ekspresi MMP-9, TIMP-1, TGF Pada Fase Inflamasi, Proliferasi dan Maturasi” telah diuji coba pada seekor tikus sprague dawle. Dari hasil penelitiannya ditemukan bahwa pemberian zat bromelin topical memiliki efek penyembuhan pada tikus yang sebelumnya telah diinjeksi oleh zat pembawa diabetes, streptozotocin (STZ).

Angka terjadinya amputansi akibat luka diabetes di Indonesia masih terbilang tinggi. Oleh karena itu, penderita diabetes harus menjaga kadar gula darahnya dengan diet rendah karbohidrat, rendah gula, dan olah raga. Selain itu, sangat disarankan agar penyandang diabetes menghindari diri dari luka. “Karena jika sekali saja terjadi luka maka akan mudah terinfeksi, bakteri mudah masuk dan berkembang biak di daerah luka,” jelas Debie.

Sumber:jawaban.com