Tidur Lebih dari 10 Jam Picu Penyakit Jantung Koroner?

sleepSelaluBaruNet – Waktu Istirahat yang terbaik adalah dengan menyediakan waktu tidur yang cukup. Jika kurang tidur maka dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, terlalu banyak tidur ternyata juga berisiko meningkatkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah jantung coroner. Benarkan?

Para peneliti dari American Academy of Sleep Medicine melakukan penelitian terhadap 54 ribu orang Amerika, berusia di atas 45 tahun. Para peneliti menemukan, hampir sepertiga responden masuk dalam kategori ‘tidur pendek’ dengan waktu tidur kurang dari enam jam setiap malam. Dua pertiga lainnya dikategorikan sebagai optimal. Mereka tidur tujuh sampai sembilan jam dalam waktu 24 jam. Sementara itu sisanya masuk dalam kategori tidur berlebihan. Itu karena mereka beristirahat selama lebih dari 10 jam.

Terkait hal tersebut, Spesialis Pengobatan Tidur, Safwan Badr, mengatakan kondisi yang terjadi pada setiap responden berhubungan dengan aspek psikologis dan fisiologis penyakit. Namun, pada dasarnya, gejala tersebut dapat diatasi dengan beristirahat dalam jumlah yang benar.

Dia menjelaskan, tidur kurang dari enam jam atau tidur lebih dari 10 jam dapat mengembangkan berbagai kondisi fisik dan psikologis, seperti jantung koroner, diabetes, kecemasan, dan obesitas.

Bagi orang dewasa, tidur selama tujuh sampai sembilan jam setiap malam dapat memberikan manfaat kesehatan. Kondisi tersebut berlaku pula bagi mereka yang sedang berjuang melawan penyakit kronis.

Pakar penyakit kronis, Dr Janet Croft dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika mengatakan, ada beberapa hubungan antara durasi tidur yang tidak sehat dengan penyakit kronis, yaitu adanya tekanan mental dan obesitas.