Tips Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

buncitSelaluBaruNet – Kondisi perut yang buncit akan membuat anda kurang percaya diri dan nyaman. Wajar jika anda mulai mencari tips mengecilkan perut agar perut anda menjadi lebih rata. Mungkin anda akan tergoda menggunakan cara-cara instan untuk mengecilkan perut. Coba lihat tips jitu berikut ini.

1. Mengatur Menu Makanan Anda
Mengonsumsi makanan berserat tinggi merupakan cara yang harus dilakukan untuk mengatasi si perut buncit. Konsumsi serat yang tepat dapat membantu mengatasi perut buncit dan juga menyehatkan tubuh anda. Serat yang terbaik adalah yang berasal dari sayuran dan buah-buahan dengan kadar air tinggi seperti apel dan pir.

2. Mengurangi Konsumsi Makanan Berlemak
Ada beberapa makanan yang harus anda hindari atau kurangi konsumsinya untuk dapat mengecilkan perut buncit seperti gorengan dan junk food. Gorengan akan menyebabkan proses pencernaan di tubuh anda menjadi lambat dan pada akhirnya lemak dalam makanan tersebut akan menumpuk di dalam perut. Mengurangi konsumsi gorengan akan membantu mengurangi lemak perut yang menyebabkan perut menjadi buncit.

Selain gorengan, junk food juga merupakan makanan yang wajib anda kurangi bahkan hindari. Junk food adalah makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang mengandung lemak jahat yang tinggi dan lama dicerna oleh tubuh. Mengurangi konsumsi junk food dapat membantu mengatasi perut buncit karena organ-organ pencernaan anda tidak perlu bekerja terlalu keras untuk dapat mencerna makanan yang anda konsumsi dengan sempurna.

3. Minum Air Putih dalam Jumlah Cukup

Apakah anda sudah mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup? Jumlah air putih yang minimal harus anda konsumsi dalam satu hari adalah 8 gelas. Air putih yang cukup tidak hanya menghindarkan anda dari dehidrasi tetapi juga menjadi cara mengecilkan perut buncit karena akan membantu pencernaan anda.

Sering makanan yang kita konsumsi sulit dicerna oleh tubuh. Air putih dapat membantu mencerna bahan makanan tersebut dan mencegah penggelembungan di perut. Selain sebagai tips mengecilkan perut yang mudah dilakukan, minum air putih juga berperan penting untuk mengeluarkan racun-racun dan lemak dari dalam tubuh.

4. Mengatur Waktu Tidur
Mungkin anda tidak menyangka jika waktu tidur anda sangat berhubungan dengan kondisi perut anda. Kebiasaan tidur setelah makan sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan perut semakin menggelembung mengingat makanan belum berhasil dicerna sepenuhnya. Untuk dapat mengecilkan perut buncit, biasakan untuk mulai mengatur waktu kapan anda makan dan kapan anda tidur.

Waktu yang tepat untuk tidur adalah dua jam setelah anda makan. Pada waktu itu, makanan yang anda konsumsi telah selesai dicerna dengan sempurna. Dengan demikian makanan tersebut tidak akan menumpuk di perut dan pengaturan waktu tidur ini merupakan salah satu usaha mengatasi perut buncit yang harus anda lakukan.

5. Mengawasi Konsumsi Obat-Obatan
Beberapa jenis obat memiliki efek samping bagi tubuh anda. Obat-obatan seperti aspirin dapat menyebabkan masalah di perut yang berujung pada sembelit. Kondisi ini tentu saja merugikan karena sembelit menjadi salah satu alasan mengapa perut anda terlihat buncit.

Untuk itu, jika anda merasa kurang sehat dan terpaksa harus mengonsumsi obat-obatan, pilihlah jenis obat yang tidak mengakibatkan efek samping seperti sembelit. Ini menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit dan sebaiknya anda tidak boleh ragu untuk berkonsultasi dengan dokter dalam pemilihan obat yang tepat.

6. Makan Secara Perlahan
Apakah anda orang yang selalu makan dengan terburu-buru? Sebaiknya anda mulai menghentikan kebiasaan ini karena makan terlalu cepat akan mengakibatkan bagian kecil makanan yang belum terkunyah tidak dapat dicerna dengan sempurna. Hal ini dapat mengakibatkan penggelembungan di dalam perut anda. Jika anda ingin mengecilkan perut buncit, mulai sekarang makanlah secara perlahan-lahan.

7. Olahraga

Olahraga tidak boleh ditinggalkan sebagai salah satu cara mengecilkan perut buncit karena pilihan jenis olahraga yang tepat akan membantu membakar lemak perut (lihat Olahraga Mengecilkan Perut). Anda bisa memilih aerobik dan juga latihan otot perut seperti sit up.

Fungsi dari olahraga adalah untuk membantu agar badan tetap bisa kurus dan membuat badan sehat selalu. Untuk itu, salah satu tips mengecilkan perut adalah dengan melakukan olahraga secara teratur.