Tips Mengolah Resep Kue Pie

pia 1SelaluBaruNet : Resep sep kue pie memang enak untuk dinikmati, namun untuk mengolahnya susah-susah gampang. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda dapat mengolah resep kue pie yang lezat!  

1.     Pilih tepung terigu berkualitas tinggi dengan protein sedang.

2.     Usahakan semua bahan dalam keadaan sejuk atau dingin, mulai dari tepung terigu, air, hingga mentega. Bahkan untuk mentega, sebaiknya menggunakan mentega beku.

3.     Dalam mengolah adonan, pertama-tama campurkan tepung terigu dan garam, lalu masukkan mentega sampai adonan membentuk butiran-butiran kecil (disebut juga adonan pasir), baru kemudian masukkan telur dan aduk rata.

4.     Selama menguleni adonan resep kue ini, bentuk adonan dengan lembut dan hindari membentuk adonan terlalu lama agar kulit pie tidak menjadi keras.

5.     Setelah adonan cukup kalis, ratakan adonan dan tutup dengan plastik, lalu simpan di lemari es selama sekitar 30 menit. Hal ini bertujuan untuk membiarkan tepung terigu menyerap semua cairan dengan maksimal dan membuat adonan lebih elastis serta bertekstur lembut saat dipanggang.

6.     Setelah selesai didiamkan, siapkan area penggilingan yang bersih dengan sedikit taburan tepung terigu. Giling adonan di area tersebut hingga mencapai ketebalan yang diinginkan dengan menggunakan alat penggiling khusus.

7.     Setelah dibentuk, letakkan pada cetakan dan tusuk dasarnya dengan garpu atau tusuk gigi agar tidak menggembung saat dipanggang.

8.     Sebelum dipanggang, lapisi permukaan pie dengan putih telur agar isi pie tidak terlalu meresap ke dalam permukaan pie.

9.     Setelah pie selesai dipanggang, biarkan dingin baru kemudian isi dengan isian pilihan Anda.

10.   Hias pie Anda dengan berbagai pilihan seperti, coklat cair, coklat serut, taburan kacang.

 

sumber:bogasari.com