Tornado Oklahoma Merusak Lebih Dari 12.000 Rumah

tornadoSelaluBaruNet – Lebih dari 12.000 rumah rusak atau hancur oleh tornado yang melanda Moore di pinggiran selatan Kota Oklahoma, pada hari Senin, (20/5) waktu setempat mengakibatkan 33.000 orang mengungsi.

Kepolisian kota itu dan kantor wali kota telah memperkirakan jumlah rumah yang jadi korban di Oklahoma dan pinggiran selatannya, Moore, ialah 12.000, demikian laporan tersebut.

Kepala Staf Wali Kota Steve Hill mengatakan pada Kamis para pejabat memperkirakan 12.600 rumah berada di atau cukup dekat dengan jalur angin puting beliung itu untuk terpengaruh, kata Xinhua, Jumat.

Michelann Ooten, Wakil Direktur Departemen Penanganan Keadaan Darurat di Oklahoma, Kamis, mengatakan kantornya sedang berusaha mengumpulkan perkiraan tentang jumlah rumah yang rusak atau hancur.

Sementara itu, para pejabat mengatakan sebanyak 33.000 orang diperkirakan telah jadi korban.

Tornado mengakibatkan kerugian sebanyak dua miliar dolar AS, kata beberapa pejabat.

Sebanyak 24 orang tewas dan lebih dari 200 orang lagi cedera ketika tornado sangat besar menerjang Moore di bagian selatan daerah Metropolitan Kota Oklahoma pada Senin sore, sehingga memporak-porandakan banyak rumah dan gedung.