Upacara Pemakaman Unik di Mongolia

pemakaman unikSelaluBaruNet – Pemakaman jasad orang yang telah meninggal ada yang di tanah, dikremasi, maupun disimpan di goa-goa tergantung ada istiadat yang ada. Tapi bagaimana jika orang yang telah meninggal dimakamkan dengan cara jasadnya menjadi santapan anjing.??

Di antara upacara adat kematian tersebut bahkan beberapa di antaranya masih terus dilestarikan hingga saat ini. Berikut adalah beberapa upacara pemakanan unik yang dilakukan di beberapa negara seperti dilansir dari Matadornetwork:

Mongolia

Penduduk lokal Mongolia percaya terhadap kembalinya jiwa orang yang sudah meninggal. Oleh karena itu, mereka akan terus berdoa dan menawarkan berbagai makanan untuk menghalau roh-roh jahat dan melindungi keluarga yang masih hidup. Mereka juga menempatkan batu biru di tempat terbaringnya orang yang sudah meninggal untuk mencegah roh jahat memasuki tubuhnya.

Lamas memiliki tugas untuk mengarahkan seluruh rangkaian upacara. Jumlah orang yang mengikuti kegiatan upacara disesuaikan dengan status sosial dari orang yang meninggal. Mereka memutuskan arah rombongan yang akan melakukan perjalanan sampai tiba hari tertentu yang memungkinkan untuk digelarnya sebuah upacara kematian.
Tak seorang pun diperbolehkan untuk menyentuh mayat kecuali Lamas. Sehelai kerudung sutra putih diletakkan di atas wajah jenazah.

Keluarga membakar dupa dan dedaunan untuk memberi makan kepada roh yang datang. Ketika tibalah waktunya untuk menghilangkan jasad, tubuh diambil dari desa dan diletakkan di tanah terbuka. Sebuah garis pembatas disusun dari batu-batu yang ditempatkan di sekitar jasad.

Kemudian, anjing-anjing kampung yang telah dipersiapkan dan tidak diberi makan selama berhari-hari dilepaskan untuk mengkonsumsi sisa-sisa dari jasad tersebut. Setelah tubuh tersebut habis, batu garis akan tetap diletakan sebagai penanda. Seluruh rangkaian upacara ini tak boleh dilewatkan satu pun, karena mereka khawatir kejadian buruk akan menimpa keluarga yang masih hidup.