Usia Tepat Untuk Konsumsi Teh Hijau

teh hijauSelaluBaruNet – Saat ini hampir semua kalangan sudah mengetahui tentang teh hijau dan manfatnya, tapi tidak semua orang suka teh hijau karena rasanya agak pahit dan tidak seperti teh merah. Meskipun demikian teh  hijau semakin populer karena khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Antara lain: membantu menurunkan berat badan, menghilangkan jerawat, melawan penuaan, meningkatkan daya ingat, dan anti kanker.

Deretan manfaat tadi, membuat ahli menyarankan konsumsi teh hijau sejak dini. ”Usia anak yang paling tepat untuk mengkonsumsi teh hijau adalah 7-12 tahun. Selain untuk mendapatkan manfaat kesehatannya yang luar biasa, hal ini juga bisa menjadi cara mengajarkan anak tentang gaya hidup sehat,” ujar  pakar diet klinis, Emilia E. Achmadi MS.,RD.

Namun, tentu saja orang tua wajib membatasi porsi teh hijau yang dikonsumsi anak. Emilia menambahkan, selalu ada batasan dalam mengonsumsi sesuatu. Idealnya, teh hijau dikonsumsi dua sampai tiga gelas atau 750 cc per hari untuk orang dewasa dan untuk anak-anak setengah dari porsi tadi.

“Minum teh hijau juga harus diimbangi dengan asupan air putih,” jelasnya.

Lebih lanjut Emilia mengatakan usia anak di bawah 7 tahun sebaiknya jangan dulu diberikan teh hijau. Usia tersebut bukan waktu yang tepat mengkonsumsi teh hijau.

“Di usia ini anak harus mengejar pertumbuhan, sehingga lebih tepat  bagi mereka untuk mengonsumsi susu dan lebih banyak air putih,” ucapnya.

 

sumber:viva.com